WWW.BonusFORpoker NET online poker

Category Archives: pendidikan

WWW.BonusFORpoker NET online poker

Hari pendidikan nasional

merupakan salah satu hari besar yang diperingati setiap tahunnya karena pada hari tersebut menggambarkan ruh bangsa kita khususnya dibidang pendidikan. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat sejarah dan mengutamakan kepentingan diatas segalanya.  Setiap tanggal mei pemerintah menetapkan sebagai hari pendidikan nasional yang bertepatan dengan hari kelahiran ki hajar dewantara.

Berbicara tentang pendidikan sepertinya kita tidak terlepas dari seorang tokoh nasional yang  bernama  Ki Hajar Dewantara. Pria yang bernama lengkapnya Raden Mas Soewardi Soerjaningrat merupakan seorang akitvis kemerdekaan, kolumnis, politisi serta salah seorang pelopor pendidikan dimasa pendudukan belanda. Di jaman pendudukan belanda ia telah mendirikan taman perguruan siswa diperuntukkan untuk rakyat yang tidak mampu seperti pribumi jelata untuk memperoleh kesempatan menimba ilmu.

Ki hajar dewantara bisa dikatakan salah satu putra terbaik di negeri ini yang berjasa dibidang pendidikan khsusnya lewat terobosan yang ia lakukan, berikut ini saya akan menulis beberapa jasa beliau dibidang pendidikan.

Baca juga: Contoh artikel pendidikan bahasa indonesia

  • Aktif menyusarakan dalam Semangat antikolonial Melalui berbagai tulisan yang ia tulis.

Tulisan-tulisannya sangat komunikatif, tajam serta patriotik sehingga bisa membangkitkan semangat antikolonial bagi pembacanya” dan tergolong seorang pria penulis handal di masanya.

  • Aktif dibidang oraganisasi sosial maupun politik.

Selain menjadi seorang wartawan beliau juga aktif dibadang keorgasasian yang sifatnya sosial, Di tahun 1908 beliau  aktif diseksi propaganda boedi utome yang mensosialisasikan dan mengunggah kesadaran masarakat untuk memperoleh status badan hukum dari kolonial belanda.

  • Mendirikan Indische Partij bertujuan mencapai Indonesia merdeka

Bersama Douwes Dekker (Dr. Danudirdja Setyabudhi) serta dr. Cipto Mangoenkoesoemo, Ki Hajar Dewantara mendirikan Indische Partij (partai politik pertama yg beraliran nasionalisme Indonesia) di lepas 25 Desember 1912 yg bertujuan mencapai Indonesia merdeka. Mereka berusaha mendaftarkan organisasi ini buat memperoleh status badan aturan pada pemerintah kolonial Belanda. Tetapi pemerintah kolonial Belanda melalui Gubernur Jendral Idenburg berusaha menghalangi kehadiran partai ini dengan menolak registrasi itu pada lepas 11 Maret 1913. Alasan penolakannya merupakan sebab organisasi ini dianggap dapat membangkitkan rasa nasionalisme rakyat dan  menggerakan kesatuan buat menentang pemerintah kolonial Belanda.

hari pendidikan

Hari pendidikan nasional diperingati setiap tanggal 2 mei

  • Membentuk Komite Bumipoetra

Setelah penolokan yang dilakukan pemerintah belanda dalam memperoleh status badan hukum Indische Partij, beliau aktif untuk membentuk komite bumipoetra guna melancarkan kritikan terhadap pemerintah kolonial belanda, yang bermaksud merayakan seratus tahun bebasnya negeri belanda dari  pendudukan negera prancis melalui penarikan uang dari rakyatnya untuk membiayai perayaat tersebut.

  • Mendirikan Sebuah Perguruan yang Bercorak Nasional (Tamansiswa)
  • Membuat Tulisan yang meletakkan dasar-dasar pendidikan nasional bagi bangsa Indonesia
  •  Ki Hajar Dewantara menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan yang pertama.
  • Ki Hajar Dewantara melahirkan pemikiran tentang Tujuan Pendidikan
  •  Melahirkan Ajaran Tut Wuri Handayani
  • Ki Hajar Dewantara Mendirikan Perguruan dengan berciri Pancadarma
  • Ki Hajar Dewantara aktif membuat karya tulis dan risalah penting, dan surat-surat mengenai pendidikan

Penghargaan terhadap Ki Hajar dewantara, anatara lain.

  1. Gelar Doktor Kehormatan (honoris causa) di bidang Ilmu Kebudayaan dari Universitas Gadjah Mada.
  2. Diangkat menjadi Pahlawan Nasional pada lepas 28 Nopember 1959
  3. Dianugerahi Presiden penghargaan Bintang Mahaputra I pada lepas 17 Agustus 1960
  4. Dianugerahi indikasi kehormatan Satya Lencana Kemerdekaan pada tanggal 20 Mei 1961

Demikian tentang pembahasan hari pendidikan nasional merupakan jati diri bangsa kita semoga dengan memperingatinya kita semangkin mlek terhadap pendidikan dan tidak melupakan jasa jasa beliau yang telah menyumbangkan pikiran dan tenganya dibidang pendidikan. terimakasih

WWW.BonusFORpoker NET online poker

Sebelum menikmati kemedekaan seperti sekarang ini kita harus menyadari kita pernah dijajah negara belanda dan jepang dengan kurun waktu kurang lebih tiga setengah abad. Untuk menempuh pendidikan saat jaman penjajahan begitu susah didapat kalaupun dapat pendidikan yang diberikan penjajah hanya demi kepentingan mereka, sehingga pengaruhnya sangat dirasakan baik dari segi militer, ekonomi, budaya, maupun dari segi perundang udangan. Maka dari itu admin sengaja mengangkat tofic pendidikan di indonesia sebelum kemerdekaan.

Secara garis besar pendidikan di indonesia sebelum kemerdekan digolongkan 3 periode yakni  pendidikan yang berdasarakan keagamaan. pendidikan berlandaskan atas kepentingan penjajah dan pendidikan dalam rangka merebut kemerdekaan.

  • Pendidikan berdasarkan atas keagamaan

Pendidikan berdasarkan atas keagamaan meliputi beberapa agama yakni sebagai berikut

1. Pendidikan Hindhu-Budha

Pendidikan Hindhu _ budha mengalami kejayaan pada abad 14 sampai dengan abad ke 16  masehi. Awal perkembangan sistem hindhu – budha ini dilakukan di biara-biara atau pedepokan. Seiring perkenmbangannya pendidikan yang diajarkan bukan hanya terbatas  pada keagamaan saja melainkan meliputi sastra, fisafat, ilmu pengetahuan, ilmu negara, serta hukum.Kerajaan-kerajaan hindu pada tanah jawa poly melahirkan empu dan  pujangga besar  yang melahirkan karya-karya seni yang bermutu tinggi. Di masa, itu pendidikan mulai tingkat dasar hingga taraf tinggi dikendalikan sang para pemuka agama. Pendidikan bercorak Hindu-Budha semakin pudar dengan jatuhnya kerajaan Majapahit di awal abad ke 16, dan  pendidikan dengan corak Islam pada kerajaan-kerajaan Islam datang menggantikannya.

Baca juga: Berita Pendidikan Sebagai Media Untuk Anak

2. Pendidikan islam

Pendidikan di indonesia berlandaskan ajaran agama Islam dimulai semenjak kedatangan para saudagar berasal Gujarat India ke Nusantara di abad ke-13. Kehadiran mereka mula-mula terjalin melalui hubungan teratur menggunakan para pedagang dari Sumatra serta Jawa. Ajaran islam mula-mula berkembang pada kawasan pesisir, sementara pada pedalaman agama Hindu masih bertenaga. Didapati pendidikan kepercayaan  Islam di masa prakolonial pada bentuk pendidikan di surau atau langgar, pendidikan di pesantren, dan  pendidikan pada madrasah.

3. Pendidikan Katolik dan Kristen-Protestan

Pendidikan Katolik berkembang mulai abad ke-16 melalui orang-orang Portugis yang menguasai malaka. Pada usahanya mencari rempah-rempah buat dijual di Eropa, mereka menyusuri pulau-pulau Ternate, Tidore, Ambon, dan  Bacan. Pada pelayarannya itu, mereka selau disertai misionaris Katolik-Roma yang berperan ganda sebagai penasihat spiritual pada bepergian yg jauh serta penyebar agama pada tanah yang didatanginya. Lalu Belanda menyebarkan agama Kristen-Protestan serta mengembangkan sistem pendidikannya sendiri yg bercorak Kristen-Protestan. Untuk anda yang mengalami kendala biaya pendidikan kami memberikan solusinya melalui pinjaman tanpa jaminan

4.  Pendidikan pada zaman VOC

Pendidikan di indonesia Sebagaimana bangsa Portugis sebelumnya, kedatangan bangsa Belanda ke Indonesia di abad ke -16 mula-mula buat tujuan dagang dengan mencari rempah-rempah menggunakan mendirikan VOC. Misi dagang tadi kemusian diikkuti oleh misi penyebaran kepercayaan  terutama dilakukan dengan mendirikan sekolah-sekolah yang dilengkapi asrama buat para siswa. Pada sana diajarkan kepercayaan  Kristen-Protestan menggunakan bahasa pengantar bahasa Belanda, serta sebagian memakai bahasa Melayu. Di awal abad ke-16, VOC mendirikan sekolah pada pulau-pulau Ambon, Banda, Lontar, dan  Sangihe-Talaud. Pada periode berikutnya, didirikan jua sekolah-sekolah menggunakan jenis dan  tujuan yg lebih majemuk. Pendirian sekolah-sekolah tersebut terutama diarahkan buat kepentingan mendukung misi VOC pada Nusantara

pendidikan di indonesia

5. Pendidikan pada zaman kolonila Belanda

Pudarnya VOC di akhir abad ke-18 menandai masa datangnya zaman kolonial Belanda. Sistem pendidikan diubah dengan menarik garis pemisah antara sekolah Eropa serta sekolah Bumiputera. Sekolah Eropa diperuntukkan bagi anak-anak Belanda dan  anak-anak orang Eropa di Indonesia, sedangkan sekolah-sekolah bumiputera strata dan  prestisenya lebih rendah diperuntukkan bagi anak-anak bumiputra yang terpilih. Mulai akhir abad ke-19 serta sampai dasawarsa awal abad ke-20, forum-forum pendidikan di Indonesia sangat beragam, meliputi SD, sekolah menengah, sekolah raja, sekolah petukangan, sekolah kejuruan, sekolah-sekolah spesifik buat perempuan   Eropa serta pribumi, sekolah dokter, perguruan tinggi hukum, dan  perguruan tinggi teknik. Buat mengimbangi pendidikan Belanda, pada periode ini berdiri juga lembaga-lembaga pendidikan bercorak keagamaan dan  kebangsaan sang Muhamadiyah, taman siswa, INS kayutaman, Ma’arif dan  perguruan Islam lainnya.

 

WWW.BonusFORpoker NET online poker

Dampak yang ditimbulkan akibat asap yang menyelimuti provisnsi riau dua bulan terakhir ini, sampai sekarang masih dirasakan khususnya disektor pendidikan, Kementrian pendidikan provisnsi riau mengatakan akibat Asap tebal yang menyelimuti provinsi riau dan sekitarnya berimbas kepada pendidikan yang membuat ketertinggalan mata pelajaran dalam menghadapi ujian semester sekolah. Ujian semester sekolah ditingkat sekolah dasar yang seharusnya dilaksanakan secara serentak di semua provinsi pada tanggal 3 – 12 desember 2015 namun karena berhubung dua bulan terakhir provinsi diselimuti  yang sempat membuat aktivitas pendidikan dihentikan maka kementrian pendidikan memutuskan khusus provinsi riau diudur menjadi tanggal 17 – 23 desember 2015, sementara ditingkat sekolah menengah kejuruan (SMK)akan dijadwakan pada tanggal 14-23 desember 2015.

berita tentang pendidikan

Semenatara untuk pembagian raport akan dilaksanakan pada tanggal 9 januari 2016. Dinas pendidikan provinsi riau menambahkan, setelah hasil rapat bersama kepala dinas kabupaten / kota diambil beberapa kebijakan, yakni pelajaran muatan lokal maupun olahraga dikurangi bahkan boleh ditiadakan dengan tujuan untuk mengejar ketertinggalan pelajaran yang selama ini provisnsi riau diselemuti asap tebal. kebijakan lain yang dari hasil rapat tersebut adalah setiap harinya demi mengerjar ketertinggal mata pelajaran rencananya setiap harinya akan ditambah  selama 2 jam.

Baca juga: Artikel pendidikan tentang pelaksanaan kurikulum 2013

Semenjak delimuti asap tebal diprovinsi riau, berita tentang  pendidikan diberbagai kota sempat terhenti, jadi tidak heran bila dinas pendidikan mengundur jadwal pelaksanaan ujuian semester sekolah ditingkat sekolah dasar dan tidak tertutup kemungkinan ditingkat sekolah menengah atas yang ingin melanjutkan keperguruan tinggi akan dipertimbangkan apakah pelaksanaan ujian semester ganjil ini akan di undur atau tetap mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan menteri pendidikan.

Akibat kebakaran hutan dan lahan yang  dilakukan orang orang yang tidak bertanggung jawab berakibatkan asap tebal  menyelimuti bumi riau selama ini banyak sekali yang dirugikan baik dari segi pendidikan, prekonomian khususnya, bahkan tingkat kelayakan udara bisa dikatakan sangat tidak layak untuk hirup, karena udara tersebut sudah mengandung racun yang bisa membunuh manusia secara perlahan maupun secara mendadak karena menghirup udara beracun.

Demikian berita tentang pendidikan kali ini semoga bermanfaat dan kita doakan saja untuk kedepannya tidak terjadi lagi yang namanya kebakaran lahan, hanya demi menekan biaya semurah mungkin membuat banyak pihak dirugikan khususnya untuk kepentingan yang lebih luas.

WWW.BonusFORpoker NET online poker

Semua orang tentu mengingikan anaknya mendapatkan pendidikan yang tinggi. namun di negeri saat ini pendidikan bukanlah suatu yang murah yg semuanya mampu mengeyam pendidikan sampai kejenjang perguruan tinggi. servey menunjukkan di indonesia anak anak indonesia belum seluruhnya bisa duduk dikursi sekolah tingkat menengah atas , baru berada ditingkat menengah pertama, dulu pemerintah menargetkan wajib belajar 9 tahun berarti pemerintah hanya menargetkan seluruh anak indonesia harus bersekolah minimal tingkat menengah pertama, tetapi untuk saat ini pemerintah kembali mengeluarkan peraturan tentang wajib belajar 12 tahun berarti wajib belajar yang diwajibkan pemerintah minimal ditingkat sekolah menengah atas. dahulu orang mengatakan seorang pegawai negeri sipil atau militer sangat mengiurkan dikarenakan dihari tua mereka terjamin dengan dana pensiunan merek.pendidikan
Tapi untuk saat ini sudah cukup banyak lembaga keuangan yang mengelola dana pendidikan, dana pensiun, jaminan hari tua dan sebagainya. semua orang berhak untuk ikut dalam program yang ditawarkan bank tersebut tidak terkecuali orang yang memiliki ekonomi menengah kebawah. kita hanya membayarkan sejumlah uang setiap bulan sebagai iuran rutin yang nantinya disaat kita sudah memenuhi waktu yang disepakati bersama kita bisa menariknya secara keseluruhan maupun secara berkali yang bisa kita gunakan sebagai dana pendidikan anak kita. Perlu di ingat bahwa sekarang ini ada pinjaman uang tanpa jaminan online cepat yang bisa anda manfaatkan untuk biaya pendidikan anak Anda, pinjaman tersebut bisa Anda simak di website www.taralite.com

Program dana pendidikan yang ditawarkan pihak pihak bank memang sangat bermanfaat selain ikut dalam menyukseskan program pemerintah dalam menuntaskan wajib belajar 12 tahun juga dirasa sangat membantu masyarakat khususnya bagi mereka yang ingin melanjutkan kejenjang perguruan tinggi.ada beberapa pilihan investasi untuk dana pendidikan anak yang bisa anda jadikan sebagai referensi’ tabungan reguler, tabungan deposito, dan asuransi .bila kita berinvestasi untuk anak sesuai dengan jenjangnya ada baiknya anda pertimbang dibawah ini.

Baca juga: Berita Pendidikan Sebagai Media Untuk Anak 

  1. deposito, reksa dana dan pasar uang. Sifat dari investasi ini sangat likuid jadi anda bisa gunakan untuk keperluan 5 tahun. untuk jenis simpanan ini bisa kita gunakan untuk uang masuk ditingkat TK maupun sekolah dasar.
  2. Reksana dana pendapat tetap. investasi jenis ini berjangka waktu 5 sampai dengan 10 tahun, maka investasi ini bisa anda gunakan untuk uang masuk ke pendidikan anak tingkat menengah pertama.
  3. Reksa dana campuran, bila investasi ini anda lakukan secara teratur dan rutin maka jenis investasi ini dapat anda gunakan untuk keperluan dana pendidikan anak ketingkat menengah atas.
  4. Reksa dana saham, disarankan kepada orang tua untuk menjalankan jenis investasi ini bila bermaksud anaknya akan melanjut ke jenjang perguruan tinggi.
    Demikian pembahasan tentang dana pendidikan anak semoga dengan membaca artikel ini anda dapat menentukan pilihan yang tepat mulai berinvesatasi sejak dini untuk keperluan anak nanti.Terimakasih